Show simple item record

dc.contributor.advisorLina Fauzi'ah, M.Sc
dc.contributor.authorSuaebatul Aslamiah, 15614009
dc.date.accessioned2019-01-15T06:47:34Z
dc.date.available2019-01-15T06:47:34Z
dc.date.issued2018-12-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12776
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam; (2) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental-Design yaitu Post-test Only With Nonequivalent Group Design. Pengumpulan data diperoleh menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah pengetahuan dalam bentuk soal pilihan ganda, dan teknik non tes digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dalam bentuk lembar angket berdasarkan model skala likert (4 pilihan jawaban). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistika non parametric tipe Mann Whitney Sampels Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,692 (Ho diterima, > 0,05); (2) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Ho ditolak, < 0,05).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectActive Learningen_US
dc.subjectPraktikumen_US
dc.subjectHidrolisis Garamen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING MELALUI PRAKTIKUM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record