DETERMINAN WORD OF MOUTH PADA RUMAH MAKAN DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi word of mouth pada konsumen rumah makan yang ada di
yogyakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan
word of mouth pada rumah makan di Yogyakarta.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah konsumen yang mengunjungi
rumah makan yang ada di Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan untuk
penelitian ini sebanyak 156 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik Non-Probability sampling dengan
menggunakan convenience sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa kuesioner, yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Alat
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis model
persamaan struktural (SEM).
Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap word of mouth. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap trust. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth.
Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment. Commitment
berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Kualitas makanan
berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan dan kualitas lingkungan fisik
berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan.
Collections
- Master of Management [400]