Show simple item record

dc.contributor.advisorAbdur Rafik, S.E., M.Sc.
dc.contributor.authorRian Dwi Saputra, 14311403
dc.date.accessioned2019-01-10T10:29:55Z
dc.date.available2019-01-10T10:29:55Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12581
dc.description.abstractFenomena ramadan effect merupakan sebuah anomali musiman dimana terdapat pengaruh dari faktior psikologis investor sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan. Fenomena ini biasanya ditunjukkan dengan adanya return dan volatilitas yang lebih tinggi atau lebih rendah pada bulan ramadan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberadaan fenomena ramadan effect pada return dan volatilitas di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data runtut waktu (time series) dengan skala harian yang berasal dari harga penutupan indeks. Sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan sepuluh indeks sektoral yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia dengan periode mulai dari 2 Januari 2001 sampai dengan 30 Desember 2017. Dengan menggunakan metode OLS dan GARCH, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat fenomena ramadan effect pada persamaan return dan penurunan yang signifikan pada volatilitas di Bursa Efek Indonesia. Tidak adanya pengaruh ramadan effect terhadap return dikarenakan stabilnya indeks IHSG selama ramadan maupun diluar ramadan, berbeda dengan pengaruhnya terhadap volatilitas, pada saat ramadan aktivitas investor cenderung menurun sehingga volatilitas menurun signifian selama ramadan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFenomena Ramadan Effecten_US
dc.subjectReturnen_US
dc.subjectVolatilitasen_US
dc.titlePENGARUH RAMADAN EFFECT TERHADAP RETURN DAN VOLATILITAS DI BURSA EFEK INDONESIAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record