ANALISIS TUNDAAN AKIBAT BUKA TUTUP ARUS LALU LINTAS PADA PROYEK PERBAIKAN JEMBATAN BANTAR JALAN WATES KM 13 SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR KENDARAAN (ANALYSIS OF DELAY CAUSED BY CONTROLLED TRAFFIC FLOW DUE TO BANTAR BRIDGE REHABILITATION PROJECT AT KM 13 OF WATES HIGHWAY AND ITS EFFECT TO FUEL CONSUMPTION)
Abstract
Jalan adalah prasarana transportasi darat yang diperuntukan untuk lalu lintas, jalan digunakan sebagai penghubung arus lalu lintas kendaran bermotor maupun non motor. Apabila terdapat jalan rusak ataupun perbaikan jalan akan mengakibatkan tundaan dan antrian pada ruas jalan yang rusak atau sedang diperbaiki tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan penurunan kapasitas jalan yang berakibat menurunnya kecepatan lalu lintas, memperpanjang antrian kendaraan yang memperlama tundaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerugian yang diakibatkan dari tundaan lalu lintas karena adanya proyek perbaikan jalan.
Penelitian dilakukan dengan metode survei lapangan yang mencakup volume lalu lintas, data geometri, panjang antrian, dan durasi penutupan arus lalu lintas. Survei dilakukan di jembatan Bantar jalan Wates km 13 Yogyakarta pada tahun 2017. Data dianalisis menggunaan metode ATIS India dan LAPI ITB guna menghitung konsumsi bahan bakar untuk kendaraan yang terkena tundaan lalu lintas tersebut.
Dari analisis shockwave diperoleh tundaan selama 96325,519 detik, sedangkan untuk konsumsi BBM terdapat perbedaan hasil perhitungan menggunakan metode ATIS India dan metode LAPI ITB. Dari kedua metode tersebut metode ATIS India lebih akurat dikarenakan untuk setiap jenis kendaraan dibedakan konsumsi BBMnya. Perhitungan menggunakan metode ATIS India menunjukkan bahwa total konsumsi BBM selama dua hari proyek perbaikan jalan sebanyak 47,3601 liter sedangkan LAPI ITB sebanyak 36.8074 liter.
Collections
- Civil Engineering [4205]