FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG NIAT MAHASISWA BERINVESTASI DALAM PROYEK CROWDFUNDING
Abstract
Crowdfunding merupakan salah satu sarana penggalangan dana yang sedang berkembang dan mulai populer di Indonesia belakangan ini, khususnya untuk donasi. Akan tetapi, ada pula model crowdfunding lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas, yakni model ekuitas (investasi). Oleh karena itu, penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis ketertarikan mahasiswa berinvestasi pada suatu proyek secara bersama-sama. Penelitian ini menggabungkan tiga bidang penelitian berbeda yang diadaptasi dari penelitian yang telah dilakukan oleh Harms (2007): perilaku konsumen, perilaku finansial, dan psikologi sosial. Pengambilan data dilakukan terhadap 176 responden yang mewakili beberapa karakteristik, seperti: jenis kelamin, universitas, jurusan, keanggotaan dalam komunitas investor, dan pengalaman dalam proyek crowdfunding. Teori nilai konsumsi digunakan untuk mengidentifikasi niat yang mendorong mahasiswa berinvestasi dalam proyek crowdfunding. Hasil menunjukkan nilai signifikan pada hampir semua variabel.
Collections
- Akuntansi [4426]