• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • Chemistry
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • Chemistry
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK DILENGKAPI DENGAN WORKSHEET TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA KOLOMBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    01 COVER.PDF.pdf (16.97Kb)
    02 preliminari.pdf (117.7Kb)
    03 DAFTAR ISI.PDF.pdf (84.39Kb)
    04 ABSTRAK.PDF.pdf (8.072Kb)
    05. 1 bab 1. pdf.pdf (150.4Kb)
    Date
    2018-10-19
    Author
    Ayu Kurnia Sari, 15614014
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional yang dilengkapi dengan worksheet terhadap motivasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kolombo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 2 kelas. Kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Pair Check, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa angket untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa serta lembar observasi digunakan untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga dengan hasil sig 0,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga dengan hasil sig 0,000. Hasil rata-rata angket motivasi belajar kelas ekperimen 67,11 dan kelas kontrol 50,53. Hasil rata-rata angket aktivitas belajar kelas eksperimen 87,84 dan kelas kontrol 66,84. Hasil rata-rata untuk lembar observasi motivasi kelas ekperimen yaitu 135,84 dan kelas kontrol 86,5. Hasil rata-rata untuk lembar observasi aktivitas belajar kelas eksperimen 213,09 dan kelas kontrol 104,34. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12127
    Collections
    • Chemistry [485]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV