PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK DILENGKAPI DENGAN WORKSHEET TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA KOLOMBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara model
pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional yang dilengkapi
dengan worksheet terhadap motivasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kolombo Tahun Pelajaran
2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive
sampling dan didapat 2 kelas. Kelas eksperimen yang diterapkan model
pembelajaran Pair Check, sedangkan kelas kontrol diterapkan model
pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes
berupa angket untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa serta lembar
observasi digunakan untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang
signifikan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran
konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi larutan
penyangga dengan hasil sig 0,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara
model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional terhadap
aktivitas belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga dengan hasil sig
0,000. Hasil rata-rata angket motivasi belajar kelas ekperimen 67,11 dan kelas
kontrol 50,53. Hasil rata-rata angket aktivitas belajar kelas eksperimen 87,84 dan
kelas kontrol 66,84. Hasil rata-rata untuk lembar observasi motivasi kelas
ekperimen yaitu 135,84 dan kelas kontrol 86,5. Hasil rata-rata untuk lembar
observasi aktivitas belajar kelas eksperimen 213,09 dan kelas kontrol 104,34.
Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan aktivitas belajar kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Collections
- Chemistry [535]