Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Kurnia Sari, 15614014
dc.date.accessioned2018-12-13T06:04:13Z
dc.date.available2018-12-13T06:04:13Z
dc.date.issued2018-10-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12127
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional yang dilengkapi dengan worksheet terhadap motivasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kolombo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 2 kelas. Kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Pair Check, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa angket untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa serta lembar observasi digunakan untuk mengukur motivasi dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga dengan hasil sig 0,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Pair Check dan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga dengan hasil sig 0,000. Hasil rata-rata angket motivasi belajar kelas ekperimen 67,11 dan kelas kontrol 50,53. Hasil rata-rata angket aktivitas belajar kelas eksperimen 87,84 dan kelas kontrol 66,84. Hasil rata-rata untuk lembar observasi motivasi kelas ekperimen yaitu 135,84 dan kelas kontrol 86,5. Hasil rata-rata untuk lembar observasi aktivitas belajar kelas eksperimen 213,09 dan kelas kontrol 104,34. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPair Checken_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectLarutan Penyanggaen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK DILENGKAPI DENGAN WORKSHEET TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA KOLOMBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record