ANALISIS STABILITAS LERENG TIMBUNAN BADAN JALAN DAN PREDIKSI TIMBUNAN YANG TERJADI MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS
Abstract
Timbunan pada suatu tanah menyebabkan terjadinya perubahan tegangan di dalam tanah
sehingga tanah terdeformasi yang mengakibatkan terganggunya kestabilan tanah. Untuk membentuk
jalan akan dilakukan pekerjaan timbunan tanah, sedangkan pada daerah akan dilakukan pengupasan
tanah. Adanya pekerjaan timbunan membentuk suatu lereng baru sehingga perlu di analisis kestabilan
lereng tersebut.
Ada berbagai metode dalam menganalisis kestabilan lereng salah satunya menggunakan
software geoteknik yang berbasis pada analisis metode elemen hingga yaitu Plaxis. Penelitian ini
memodelkan variasi tinggi timbunan dengan perkuatan untuk mendapatkan safety factor yang
memenuhi syarat menggunakan program Plaxis 8.5, sedangkan untuk menghitung safety factor lereng
timbunan tanah asli menggunakan metode irisan.
Hasil analisis stabilitas lereng pada timbunan badan jalan dengan perkuatan geotekstil
mendapatkan safety factor yang aman tetapi dengan replacement dan lapisan geotekstil penuh saat
konstruksi tanpa beban gempa pada timbunan 3 meter sebesar 1,5573 dengan beban gempa sebesar
1,5276 dan pada paska konstruksi tanpa gempa sebesar 1,3251 dengan beban gempa 1,3198. Timbunan
5 meter saat konstruksi tanpa beban gempa sebesar 1,4280 dengan beban gempa sebesar 1,4278 dan
pada paska konstruksi tanpa beban gempa sebesar 1,2631 dengan beban gempa sebesar 1,2618.
Timbunan 8 meter mendapatkan safety factor pada saat konstruksi tanpa beban gempa sebesar 1,4045
dengan beban gempa sebesar 1,3251 dan paska konstruksi tanpa beban gempa sebesar 1,2943 dengan
beban gempa sebesar 1,2893 timbunan ini termasuk dalam kategori aman. Analisis penurunan pada
timbunan didapat bahwa semakin baik variasi permodelan maka penurunan yang terjadi selama 200
hari semakin kecil dan juga semakin tinggi timbunan maka penurunan yang terjadi akan semakin besar.
Collections
- Civil Engineering [4192]