Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.
dc.contributor.authorAyu Perwitasari, 14511106
dc.date.accessioned2018-12-06T07:22:24Z
dc.date.available2018-12-06T07:22:24Z
dc.date.issued2018-10-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11983
dc.description.abstractMasalah air khususnya banjir pada musim penghujan masih tetap menjadi persoalan setiap tahunnya. Tingginya curah hujan di Indonesia menyebabkan sebagian perkerasan jalan suatu daerah tertentu mengalami genangan secara periodik. Selain itu, sungai yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai meluap kepermukaan jalan. Hal tersebut jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada struktur perkerasan seperti menurunnya stabilitas dan durabilitas karena terendam air yang cukup lama. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja campuran Split Mastic Asphalt (SMA) 0/11 dengan menggunakan serbuk batu bata sebagai filler pengganti yang direndam air sungai dengan durasi rendaman 48 jam dan 96 jam. Kandungan silika yang tinggi pada serbuk batu bata diharapkan dapat memberikan konstribusi relatif lebih baik pengaruhnya terhadap air sungai dan dapat melawan penurunan kinerja campuran SMA 0/11. Penelitian ini menggunakan kadar filler pengganti sebesar 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Tahap penelitian dimulai dari pemeriksaan sifat fisik material, menentukan nilai kadar aspal optimum, merendam benda uji dalam air sungai, melakukan uji Marshall, Immersion, Indirect Tensile Strenght, Cantabro, dan permeabilitas. Tahapan selanjutnya membuat analisis dan pembahasan. Standar yang digunakan dalam pemeriksaan sifat fisik material mengacu pada Bina Marga 2010 dan standar campuran mengacu pada spesifikasi Kimbangwil (1999). Hasil menunjukkan penambahan serbuk batu bata menyebabkan peningkatan nilai stabilitas dan MQ, kemudian pada kadar filler 75% dan 100% mengalami penurunan. Sedangkan nilai flow cenderung meningkat seiring penambahan kadar filler pengganti. Pada saat dilakukan perendaman air sungai nilai stabilitas, flow, dan MQ mengalami penurunan. Penurunan stabilitas terbesar pada kadar filler 100% sebesar 16,010% rendaman 48 jam dan 28,788% rendaman 96 jam, nilai flow mengalami penurunan terbesar pada kadar filler 0% sebesar 8,714% rendaman 48 jam dan kadar filler 75% sebesar 12,971 rendaman 96 jam, penurunan MQ terbesar pada kadar filler 100% sebesar 15,300% rendaman 48 jam dan kadar filler 100% sebesar 22,925% rendaman 96 jam. Seiring bertambahnya filler pengganti nilai VITM dan VMA semakin meningkat sedangkan nilai VFWA dan density semakin menurun. Nilai IRS meningkat hingga kadar filler 50% kemudian menurun seiring penambahan persentase kadar filler. Lama rendaman air sungai selama 0 jam, 48 jam dan 96 jam menggunakan serbuk batu bata sebagai bahan pengganti filler campuran SMA 0/11 memiliki nilai IRS memenuhi syarat minimal spesifikasi Asphalt Institute yaitu >75%. Nilai ITS pada campuran SMA 0/11 yang menggunakan filler serbuk batu bata mengalami penurunan dan pada saat direndam air sungai nilai ITS penurunan terbesar terjadi pada kadar filler 25% sebesar 9,789 rendaman 48 jam dan 11,540% rendaman 96 jam. Nilai Cantabro pada campuran SMA 0/11 yang menggunakan serbuk batu bata pada saat direndam air sungai mengalami persentase kehilangan berat yang terus meningkat. Campuran yang direndam air sungai pada kadar filler 0%, 25% dan 50% tidak memenuhi syarat spesifikasi Bina Marga yaitu 20%. Permeabilitas yang menggunakan filler serbuk batu bata menujukkan indikator drainase jelek/kedap air. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kadar filler pengganti 50% pada campuran SMA 0/11 merupakan campuran yang paling baik dalam menahan beban pada saat terjadi genangan air sungai.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSerbuk Batu Bataen_US
dc.subjectAir Sungaien_US
dc.titleKINERJA CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) 0/11 DENGAN FILLER SERBUK BATU BATA AKIBAT LAMA RENDAMAN AIR SUNGAIen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record