POLA DAN PROSPEK BISNIS MAHASISWA DAN ALUMNI EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ataupun sekelompok orang untuk mendapatkan suatu keuntungan, pada umumnya kegiatan tersebut adalah jual beli barang dan jasa. Pola bisnis merupakan pemikiran tentang bagaimana seseorang atau organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pola dan prospek bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa dan alumni Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia dalam bentuk deskriptif kualitatif, yang bertujuan menggali atau membangun suatu proporsi atau menjelaskan makna di balik realita, tentang bagaimana pola bisnis mereka sehingga mampu berkembang dan bertahan cukup lama. dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara kepada pelaku bisnis yaitu mahasiswa dan alumni Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pola bisnis Mahasiswa dan Alumni Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia yaitu model consumables untuk bisnis yang non online seperti kuliner dan laundry, network model untuk bisnis online dan kuliner makanan ringan, serta private club model untuk bisnis Hewan peliharaan. Media sosial sebagai media promosi dengan strategi-strategi yang mereka lakukan pada khususnya, yaitu menjaga kualitas produk, fokus terhadap target konsumen, menemukan metode pendekatan yang paling tepat pada target konsumen yang diinginkan, Menjaga Kualitas Produk serta menjaga kepercayaan konsumen. Bisnis mereka sudah dilakukan secara sistematik tepat sasaran dan sesuai dengan rancangan yang sudah disusun sehingga mendapatkan keuntungan yang besar dan mampu bertahan sudah sejak lama. kemampuan inovasi dan kreativitas mereka juga uptodate Sehingga menunjang kemajuan usahanya dan dukungan karyawan yang dimiliki dapat dipercaya dan bertanggung jawab sehingga mampu menyokong kesejahteraan dan keberhasilan bisnisnya
Collections
- Islamic Economics [826]