Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Hajar Dewantara, M.Pd.
dc.contributor.authorMaria Ratnasari, 14422157
dc.date.accessioned2018-12-05T07:05:47Z
dc.date.available2018-12-05T07:05:47Z
dc.date.issued2018-10-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11933
dc.description.abstractPendidikan saat ini dihadapkan pada tantangan zaman yang semakin berat. Salah satunya adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh. Oleh sebab itu, pemerintah melakukan sejumlah terobosan guna meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu terobosan awal tersebut adalah dengan pembaharuan kurikulum. Dalam kurikulum 2013 mengamanatkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Perubahan sistem pembelajaran dilaksanakan agar siswa beroleh kompetensi – kompetensi yang dibutuhkan untuk hidup dan kehidupan di dalam masyarakat. Dalam hal ini adalah proses pembelajaran Aqidah Akhlak. Dalam Proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Sleman Yogyakarta prestasi belajar peserta didik masih cukup rendah, hal ini disebabkan pendidik belum menerapkan pendekatan saintifik secara benar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Sleman Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa penerapan pendekatan saintifik dan prestasi belajar peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional cluster random sampling yaitu . Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta sebesar 32,2%. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan uji regresi linier sederhana dengan koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini yang menunjukan besarnya R Square adalah 0,395, maka dapat diartikan bahwa 32,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh penerapan pendekatan saintifik, sedangkan 67,8% dipengaruhi oleh variabel lain.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendekatan saintifiken_US
dc.subjectPembelajaran Aqidah Akhlaken_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record