EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUNTILAN PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA SEDERHANA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe
make a match dengan mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada
prestasi belajar kimia ranah pengetahuan dan sikap serta keterampilan
berkomunikasi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muntilan pada materi
tata nama senyawa kimia sederhana tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen menggunakan Eksperimental-Design yaitu
Posttest Only Control Group Design untuk variabel prestasi belajar dan
keterampilan berkomunikasi. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yaitu
tes objektif (pilihan ganda) untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan dan
metode non tes yaitu angket untuk variabel prestasi belajar ranah sikap, serta lembar
observasi untuk keterampilan berkomunikasi. Teknik analisis data menggunakan
Uji Non Parametric tipe Mann Whitney untuk variabel prestasi belajar ranah
pengetahuan dan ranah sikap serta variabel keterampilan berkomunikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Ada perbedaan yang
signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap prestasi belajar kimia ranah pengetahuan, (2) Tidak ada perbedaan yang
signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dan
(3) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe make a match terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik. Jadi model
pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif untuk meningkatkan prestasi
belajar kimia ranah pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi peserta didik,
serta tidak efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia ranah sikap.
Collections
- Chemistry [535]