Show simple item record

dc.contributor.advisorLina Fauzi’ah, M.Sc.
dc.contributor.advisorBeta Wulan Febriana, S.Pd., M.Pd,
dc.contributor.authorTriana Kusuma Jati, 15614042
dc.date.accessioned2018-11-29T01:49:25Z
dc.date.available2018-11-29T01:49:25Z
dc.date.issued2018-10-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11759
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia ranah pengetahuan dan sikap serta keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muntilan pada materi tata nama senyawa kimia sederhana tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Eksperimental-Design yaitu Posttest Only Control Group Design untuk variabel prestasi belajar dan keterampilan berkomunikasi. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yaitu tes objektif (pilihan ganda) untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan dan metode non tes yaitu angket untuk variabel prestasi belajar ranah sikap, serta lembar observasi untuk keterampilan berkomunikasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Non Parametric tipe Mann Whitney untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan dan ranah sikap serta variabel keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar kimia ranah pengetahuan, (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dan (3) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia ranah pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi peserta didik, serta tidak efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia ranah sikap.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectMake a Matchen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectKeterampilan Berkomunikasien_US
dc.subjectTata Nama Senyawa Kimia Sederhanaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUNTILAN PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA SEDERHANA TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record