PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 SLEMAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Sleman pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data prestasi belajar ranah keterampilan laboratorium dan tes tulis untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan. Uji statistik menggunakan Non Parametric Test yaitu Independent Sample T-Test dengan tipe MannWhitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan laboratorium peserta didik pada materi larutan penyangga. (2) Pembelajaran Learning Cycle 5E tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.
Collections
- Chemistry [535]