dc.contributor.advisor | Prof Riyanto, Ph.D | |
dc.contributor.author | Iluk Nailurrohmah, 15614008 | |
dc.date.accessioned | 2018-11-28T03:14:59Z | |
dc.date.available | 2018-11-28T03:14:59Z | |
dc.date.issued | 2018-10-26 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11752 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Sleman pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data prestasi belajar ranah keterampilan laboratorium dan tes tulis untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan. Uji statistik menggunakan Non Parametric Test yaitu Independent Sample T-Test dengan tipe MannWhitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan laboratorium peserta didik pada materi larutan penyangga. (2) Pembelajaran Learning Cycle 5E tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Learning Cycle 5E | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Pengetahuan | en_US |
dc.subject | Keterampilan Laboratorium | en_US |
dc.subject | Larutan Penyangga | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 SLEMAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |