Pengaruh Online Food Delivery, Kualitas Produk, Halal Awarness Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Kuliner di Yogyakarta
Abstract
Perkembangan bisnis berbasis teknologi saat ini semakin berkembang ditandai dengan banyaknya startup yang bermunculan. Fenomena seperti ini secara langsung berdampak pula pada industri makanan karena semakin banyak yang menciptakan layanan pesan antar untuk mempermudah konsumen. Salah satunya gojek, berdasarkan data dari Marketeers.com sampai saat ini mereka sudah memiliki lebih dari 125.000 Restoran dan rumah makan yang telah bergabung dengan mereka. Menariknya konsumen saat ini tidak hanya mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahaan bertransaksi, tetapi kehalalaan suatu produk juga menjadi perhatian penting.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel Online food delivery, halal awareness, kualitas produk, terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan objek penelitian adalah kuliner yang ada di Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada 173 responden yang ada diyogyakarta dengan metode purposive random sampling.
Variabel penelitian dianalisa dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diperoleh hasil sebagai berikut: Online food delivery berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan. Halal Awareness berpengaruh postif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Collections
- Master of Management [408]