dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada SD Muhammadiyah Condong Catur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengerahui pengaruh peltihan terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kepuasan kerja guru, mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja, serta mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Penelitian ini bersifat kuantitatif, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 40 guru SD Muhammadiyah Condong Catur, DIY. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 21, dilakukan analisis regresi linier berganda dan untuk analisis jalur digunakan uji sobel dengan menggunakan kalkulator sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh pelatihan terdapat kinerja guru, terdapat pengaruh pelatihan terhadap kepuasan kerja guru, terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru, terdapat lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan tidak terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening, serta tidak terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. | en_US |