ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN BRESING TIPE X 1-STORY DAN TIPE X 2-STORY TERHADAP STABILITAS STRUKTUR PADA BANGUNAN BAJA BERTINGKAT BANYAK (ANALYSIS OF BRACING X 1-STORY AND 2-STORY TYPE EFFECT ON STABILITY OF MULTI-LEVEL STEEL BUILDINGS)
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada pada pertemuan tiga buah lempeng dunia. Hal ini yang membuat Indonesia juga termasuk dalam daerah yang memiliki tingkat aktivitas gunung berapi dan gempa bumi yang tinggi. Maka dibutuhkan bangunan yang kuat menahan beban akibat gempa yang sering terjadi, salah satu cara dalam meningkatkan kekuatan komponen struktur bangunan adalah dengan memberikan bresing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur dari bangunan baja dengan sistem bresing 1-story X dan bresing X 2-story, dan juga mengetahui perilaku bangunan yang telah dimodelkan setelah mengalami gempa.
Metode analisis yang digunakan adalah dengan menganalisis struktur menggunakan aplikasi ETABS, sehingga dari hasil analisa tersebut dapat membandingkan respons struktur dari permodelan tiga tipe sistem bangunan, yaitu bangunan tanpa bresing, bangunan dengan bresing X 1-story, dan bangunan dengan bresing X 2-story. Dalam analisa ketahanan gempa menggunakan peraturan SNI 1726:2012, desain seismik untuk struktur baja menggunakan peraturan SNI 1729:2015, dan pembebanan hidup sesuai dengan peraturan SNI 1727:2013.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil berbeda dari ketiga tipe sistem bangunan. Penggunaan bresing dapat mengecilkan nilai periode getar bangunan, penurunan nilai peride getar bangunan dengan bresing X 1-story sebesar 55,019%, dan bangunan dengan bresing X 2-story sebesar 54,125%. Bresing X 2-story memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan tipe bresing X 1-story. Penggunaan sistem bresing juga meningkatkan stabilitas dan performa dari bangunan tersebut, hasil analisis ini menunjukkan penggunaan bresing X 1-story memiliki performa yang lebih baik, namun dalam biaya yang dikeluarkan bresing X-2 story lebih murah dan mudah dalam pelaksanaan
Collections
- Civil Engineering [4199]