“FENOMENA MEDIA INTERNET, MEDIA SOSIAL, DAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2014 DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA”
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah melihat fenomena media internet, media sosial, dan
perilaku keagamaan mahasiswa pendidikan agama Islam angkatan 2014 di Universitas Islam
Indonesia, Sleman. Yogyakarta. Aktivitas mahasiswa UII saat ini terlihat semakin meningkat
dari waktu ke waktu. Hal ini tercermin dari sikap perilaku mahasiswa tersebut, dimana, setiap
hari, jam bahkan setiap menit bahkan detik tidak terlepas dari penggunaan media sosial dan
media internet, baik yang diakses melalui handphone, laptop maupun komputer, tanpa mengenal
waktu dan tempat, bahkan di dalam Masjid sekalipun sering terlihat mahasiswa sedang asyik
mengakses media sosial dan internet. lokasi penelitian Kampus Terpadu Universitas Islam
Indonesia merupakan salah satu Universitas yang ada di kota Yogyakarta, terletak di Jalan
kaliurang KM 14,5, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Subyek penelitian
mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014.
Penelitian ini menggunakan metoda kualitatif. jenis penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research). Objek penelitianya adalah mahasiswa-mahasiswi. Teknik penentuan
informan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan
dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu reduksi
data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa fenomena media internet, media sosial, dan
perilaku keagamaan mahasiswa pendidikan agama Islam angkatan 2014 di Universitas Islam
Indonesia, Sleman. Yogyakarta adalah dapat meningkatkan perilaku keagamaan, bersosialisasi
terhdapat lingkungan sekitar dan membentuk perilaku yang baik.
Collections
- Islamic Education [862]