dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya menarik cara mengajar guru sehingga proses pembelajaran terasa monoton, membosankan dan anak susah untuk menangkap materi yang diajarkan. Dan juga kurangnya pendekatan antara guru dan siswa sehingga guru kurang mengetahui bagaimana kepribadian antar siswa yang satu dengan yang lain. Karena pada hakikatnya setiap siswa memeliki sifat kepribadian yang berbeda-beda dari segi apapun. Dengan adanya tipe kepribadian yang berbeda-beda ini dan juga sistem pembelajaran yang kurang baik maka perlu diadakannya penelitian untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tipe kepribadian dengan sistem pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara tipe kepribadian dengan sistem pembelajaran bahasa arab di Mts N Maguwoharjo Depok Sleman dan seberapa besar korelasinya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif, karena data penelitian ini berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun alat ukur yang digunakan yaitu skala SQR (Self Regulation Quistionaire) dengan cara kerja membagikan angket kepada responden yang dituju.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan dari tipe kepribadian dengan sistem pembelajaran di Mts N Maguwoharjo Depok Sleman. Dibuktikan dengan besarnya F hitung 0,555 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,555 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya adanya korelasi yang nyata (signifikan) dari variabel (X) terhadap variabel (Y). | en_US |