Show simple item record

dc.contributor.advisorNur Rahmah Tri Utami, Dra.,M.soc.Sc
dc.contributor.authorResya Rizky Amalia, 14311710
dc.date.accessioned2018-10-01T02:10:12Z
dc.date.available2018-10-01T02:10:12Z
dc.date.issued2018-09-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10940
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Fundamental Dan Faktor Makroekonomi Terhadap return sahamPerusahaan consumer goods sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2016. Faktor fundamental diproksikan oleh variabel ROA, PBV, EPS, PER, sedangkan faktor makroekonomi diproksikan oleh variabel inflasi, nilai tukar dan suku bunga. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh terhadap Return saham Perusahaan consumer goods sub sektor makanan dan minuman. Data yang diambil penulis diperoleh dari Bursa Efek Indonesia(BEI), website masing-masing perusahaan, Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik dengan periode triwulan (Quarterly) selama tahun 2014 hingga 2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan dan jumlah total observasi atau sampel sebanyak 108 dengan melewati tahap purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan E-views versi 7.0 dengan pengujian tiga model yaitu , model Common, model Random dan model Fixed Effect.Dalam menguji kelayakan model, pengujian dilakukan menggunakan uji chow dan hausman, dari hasil pengujian didapat model yang paling efisien yaitu model Fixed Effect, karena model ini dapat meningkatkan nilai R-quared dan mengurangi standar error. Hasil estimasi pada model Fixed Effect menunjukkan bahwa variabel ROA,PBV dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap return saham.Sedangkan EPS,PER,inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman agar investor lebih peka dalam menilai kelayakan Investasi di pasar modal dan bagi manajemen perusahaan dalam melakukan strategi pengelolaan perusahaan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectreturn sahamen_US
dc.subjectfaktor fundamentalen_US
dc.subjectReturn on Assets (ROA)en_US
dc.subjectPrice to Book Value (PBV)en_US
dc.subjectEarning per Share(EPS)en_US
dc.subjectPrice Earning Ratio(PER),en_US
dc.subjectmakroekonomien_US
dc.subjectinflasien_US
dc.subjectnilai tukaren_US
dc.subjectsuku bungaen_US
dc.titlePENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada perusahaan consumer goods sub sector Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2016)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record