PENGUNGKAPAN INFORMASI ANTI KORUPSI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagian spesifik dari pengungkapan
informasi corporate social responsibility (CSR) yaitu pengungkapan anti-korupsi
pada 11 bank umum syariah di Indonesia dengan periode laporan tahunan dan
laporan keberlanjutan (bagi bank yang mempublikasikan laporan keberlanjutan)
periode 2012 sampai 2016. Pengungkapan anti korupsi dianalisis dengan
menggunakan indeks, dihitung menggunakan indikator anti-korupsi Global
Reporting Initiative (GRI) yang mencakup 11 item disclosure sebagai chekslist
pengungkapan. Hasil regresi mengindikasikan bahwa ukuran bank, umur bank dan
awards berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan anti korupsi,
profitabilitas dan customer influence berpengaruh negatif terhadap pengungkapan
anti korupsi, dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan anti korupsi
pada perbankan syariah di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori
stakeholder manajerial mampu menjelaskan praktik pengungkapan anti korupsi
pada bank umum syariah di Indonesia secara parsial. Implikasi utama dari hasil
penelitian ini adalah bank syariah yang mendapatkan CSR awards memiliki
komitmen yang tinggi dalam mengelola hubungan dengan stakeholder kunci dan
bank yang berdiri lebih lama memiliki stakeholder kunci yang lebih banyak untuk
dikelola melalui pengungkapan informasi anti korupsi. Oleh karena itu, dapat
dikatakan bahwa pengungkapan informasi anti kourpsi yang lebih banyak
membantu bank umum syariah untuk mendapatkan dukungan yang
berkesinambungan dari stakeholder kunci mereka.
Collections
- Master of Accountancy [222]