MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE DENGAN LAJU LAYANAN HETEROGEN UNTUK ANALISIS EVALUASI KINERJA KETERLAMBATAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL (Studi Kasus : Kedatangan dan Keberangkatan Kapal di PT Bukit Asam (Persero) Tbk Bandar Lampung pada tahun 2016
Abstract
Permintaan bahan bakar yang selalu meningkat menjadi salah satu pilihan oleh berbagi macam perushaan. Namun pelayanan yang selalu meningkat mengakibatkan terjadinya suatu antrian pada dermaga. Sehingga perlu mengetahui bagaimana cara menentukan model antrian yang cocok untuk menggambarkan sistem antrian kedatangan dan keberangkatan kapal, cara membangun layanan dengan laju layanan heterogen, mengetahui tingkat kinerja antrian kapal di PT Bukit Asam (Persero) Tbk Bandar Lampung. Model yang tepat yaitu (M/M/2) : (FCFS/∞/∞) dengan laju layanan heterogen. Dengan menggunakan laju layanan heterogen hasil analisis menunjukkan bahwa antrian yang ada sudah cukup efektif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan perhitungan antrian kapal dengan laju layanan heterogen. Hasil yang didapatkan menggunakan laju pelayanan heterogen yaitu tidak terdapat kapal dalam antrian, jumlah kapal yang berada dalam sistem sekitar 12 kapal/bulan. Waktu yang dihabiskan kapal dalam sistem sekitar 592 menit/kapal, dan waktu yang dihabiskan kapal dalam antrian sekitar 16 menit/kapal. Dengan kata lain antrian di PT Bukit Asam (Persero) Tbk Bandar Lampung sudah cukup efektif.
Collections
- Statistics [899]