Persepsi Audiens pada Tayangan Talk Show Rumpi “No Secret” di TransTV (Studi Audiens Ibu Rumah Tangga Jln Lagoa Terusan Jakarta Utara dalam menonton Tayangan Talkshow Rumpi “No Secret”)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi Ibu Rumah Tangga Lagoa Jakarta Utara terhadap Tayangan Talkshow Rumpi”No Secret”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Focus Group Discussion(FGD). Peserta penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga dengan berbagai latar belakang. Ditengah maraknya program Televisi seperti sinetron, muncul program Talkshow yang membuat pemirsa seakan ikut berbicara dan menyimak dengan seksama. Talkshow juga menghadirkan tamu berkelompok yang ingin mempelajari berbagai pengalaman hebat, seperti Talkshow rumpi “No secret”.
Teori yang digunakan adalah teori S-O-R dan Teori Persepsi dimana teori ini merupakan teori yang berkaitan dengan penelitian ini. Dimana persepsi akan timbul karena adanya stimulus sehingga teori S-O-R ini merupakan teori yang berkaitan dengan persepsi S yang berarti stimulus Oberarti Organism sedangkan R merupakan Respon/efek. Persepsi mempengaruhi rangsangan (stimulus) atau pesan apa yang kita serap dan apa makna yang kita berikan kepada mereka ketika mereka mencapai kesadaran. Persepsi merupakan proses dimana sensasi yang diterima oleh seseorang dan dipilih, kemudian diatur dan di interpretasikapersepsi merupakan proses mental yang digunakan untuk mengenali rangsangan.
Berdasarkan penelitian, Tayangan Rumpi”No Secret” merupakan Tayangan yang kurang baik. Peserta FGD mengemukakan beragam persepsinya ketika ditanyakan mengenai apa yang mereka fikirkan ketika disebutkan kata Rumpi”No Secret” .Ada yang mengatakan bahwa Rumpi”No Secret” merupakan Tayangan yang mengulik kehidupan artis secara detail dan ada juga yang mengatakan bahwa Rumpi merupakan Tayangan yang berlebihan dalam mengulik kehidupan artis serta ada juga yang mengemukakan Tayangan ini berbeda dari Gosip Lainnya. Dan juga dalam persepsi terdapat hubungan antara persepsi dengan usia, persepsi dengan pendidikan, serta persepsi dengan pengalaman menonton.
Collections
- Communication [943]