KONSTRUKSI TEMPAT-TEMPAT DI ASIA DALAM MAJALAH PENERBANGAN
Abstract
Traveling menjadi aktivitas yang dilakukan dalam mengisi waktu luang. Dengan
adanya catatan perjalanan pandangan terhadap perjalanan pun berubah. Dengan
perkembangan media serta beragamnya jenis media sebuah perjalanan yang awalnya hanya
memiliki maksud yang religius menjadi aktivitas utama dalam menghibur diri.
Perkembangan media juga mempengaruhi dalam sektor wisata, mulai dari konstruk
sebuah tempat hingga mengalami sebuah tempat. Mediasi turisme pada akhirnya
mempengaruhi juga bagaimana masyarakat memandang sebuah destinasi wisata. Mediasi
pariwisata tidak hanya merubah “lokasi geografi” menjadi “destinasi”, namun juga
mengkonstruk perilaku terhadap ruang destinasi sehingga menghasilkan ruang yang baru.
Media yang memiliki pengaruh dalam pariwisata salah satunya yakni majalah penerbangan
yang dapat memediasi ruang atau tempat serta pengalaman turis yang kemudian menjadi
konstruk dalam mengalami sebuah tempat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi tempat-tempat di Asia serta
mengidentifikasi model pengalaman wisatawan dalam majalah penerbangan. Media yang
menjadi data analisis diambil dari salah satu majalah penerbangan di Asia, travel 3sixty dari
maskapai penerbangan airasia rubric travel log dengan jumlah 36 majalah dari tahun 2015
hingga 2017. Data dianalisis dengan menggunakan analisis isi teks.
Hasil penelitian menunjukan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Asia paling
banyak mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan budaya dan pemandangan serta
model pengalaman rekreasional menjadi model pengalaman yang banyak dilakukan
wisatawan. Hal ini juga dapat disebabkan karena seseorang mencari tempat yang berbeda
dengan apa yang biasa dijalani.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Asia di konstruk sebagai tempat budaya
yang ramah yang dapat memberikan pengalaman keaslian. Penelitian juga menghasilkan
bahwa genre majalah penerbangan sebagai instrument global yang dapat mengkonstruk
sebuah elemen lokal menjadi elemen global.
Collections
- Communication [959]