Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Supriyanto Pasir, S.Ag., M.Ag
dc.contributor.authorAkmaludin, 13422099
dc.date.accessioned2018-08-28T11:48:15Z
dc.date.available2018-08-28T11:48:15Z
dc.date.issued2018-04-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10029
dc.description.abstractTahfizh al-Qur’an adalah usaha orang untuk menghafal al-Qur’an. Dalam tahfizh al-Qur’an siswa, guru di Madrasah harus terlibat didalamnya saling membantu dan mendukung agar tujuan yang di inginkan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui metode apa yang dipakai dalam proses pelaksaan tahfizh al-Qur’an. 2) untuk mengetahui hasil pelaksanaan tahfizh al-Qur’an. 3). Untik mengetahui faktor pendukung dan penghambat tahfizh al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang beralokasi di Madrasah Tsanawiyah Negri 6 Sleman. Subyek penelitian ini adalah yang pertama: Guru-guru pengampu program tahfizh, dan siswa Madrasah Tsanawaiyah Negri 6 Sleman. Pengumulan data penelitian melalui melalui metode observas, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif melalui mengikuti model interaktif dari Huberman dan Miles, menggunakan metode utama: (1) reduksi data; (2) Penyajian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifekasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini, 1) Metode tahfizh al-Qur’an yang dipakai dalam proses program tahfizh al-Qur’an yaitu: 1). metode yaitu ziadah (menambah) dan muroja’an sebagian hafalan, Namun untuk akselerasi guru memberikan metode yang bervariatif yang digunakan dalam tahfizh al-Qur’an. 2). Proses dari hasil pelaksaan program tahfizh al-Qur’an yaitu perkembangan lulusan siswa pada tahun 2016 ada 60 siswa yang diwisuda dan pada tahun 2017 ada 90 siswa yang diwisuda. 3). Program tahfizh al-Qur’an faktor pendukung yaitu: pemerintah daerah (kemenag), semaua eleman sekolah, lingkungan, sarana prasarana, orang tua, target yang dicapai dan motivasi dari dalam diri siswa dan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu, kurang motivasi, mushaf al-Qur’an yang masih berbeda, kurangnya kesadaran keterlibatan orang tua siswa dan pengaruh handphone.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Tahfizhen_US
dc.subjectMadrasahen_US
dc.titleMETODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record