Penerapan Metode Structural Equation Modeling pada Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa FMIPA UII Tahun 2018
Abstract
Peningkatan kualitas dan mutu suatu universitas sangat dibutuhkan untuk
menunjang kepuasan mahasiswa. Jika perusahaan atau universitas tidak dapat
memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan atau siswa, masalah
ketidakpuasan akan muncul. Oleh karena itu, penting bagi universitas untuk
menganalisis faktor-faktor kualitas layanan yang terdiri dari reliability,
responsiveness, assurance dan empathy untuk kepuasan pelanggan. Metode yang
digunakan untuk menganalisis faktor-faktor ini adalah metode Structural
Equation Modeling (SEM). Analisis data menggunakan SEM berfungsi untuk
menjelaskan hubungan antar variabel dalam penelitian. Penelitian ini
menggunakan data sekunder yang diperoleh dari kuesioner kepuasan siswa dalam
program studi lingkungan FMIPA UII oleh Fauzan, dkk. Masalah dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan signifikansi antara variabel
reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan Mahasiswa.
Adapun hipotesis yang diajuka pada penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh
positif antara variabel reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap
kepuasan Mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa data
tidak mengikuti distribusi normal multivariat sehingga berdasarkan asumsi
kelainan data atau ketidaknormalan, model diperkirakan menggunakan metode
GLS dengan memperbaiki kesalahan standar dan beberapa indeks goodness of fit.
Dengan melihat uji Chi-Square, RMSEA, GFI, CMIN / DF dan TLI dapat menilai
ukuran kecocokan model sehingga uji kecocokan menunjukkan model fit. Dalam
penelitian ini modifikasi dilakukan 2 kali dan diperoleh Chi-Square 144.676 (p =
0,062), RMSEA = 0,021, GFI = 0,965, CMIN / DF = 1,206 dan TLI = 0,0933.
Jadi model fit dan model yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan
sebagai dasar untuk analisis masalah dalam penelitian. Jadi variabel laten
reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara positif mempengaruhi
kepuasan Mahasiswa. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah dengan asumsi
kelainan data atau ketidaknormalan dapat dilakukan estimasi menggunakan
metode GLS dengan memperbaiki kesalahan standar dan beberapa goodness of fit
indines.
Collections
- Statistics [969]