Show simple item record

dc.contributor.advisorJaka Nugraha
dc.contributor.author16611097 Anita Gusmiarti
dc.date.accessioned2021-05-28T07:24:32Z
dc.date.available2021-05-28T07:24:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28780
dc.description.abstractPeningkatan kualitas dan mutu suatu universitas sangat dibutuhkan untuk menunjang kepuasan mahasiswa. Jika perusahaan atau universitas tidak dapat memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan atau siswa, masalah ketidakpuasan akan muncul. Oleh karena itu, penting bagi universitas untuk menganalisis faktor-faktor kualitas layanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance dan empathy untuk kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor ini adalah metode Structural Equation Modeling (SEM). Analisis data menggunakan SEM berfungsi untuk menjelaskan hubungan antar variabel dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari kuesioner kepuasan siswa dalam program studi lingkungan FMIPA UII oleh Fauzan, dkk. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan signifikansi antara variabel reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan Mahasiswa. Adapun hipotesis yang diajuka pada penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh positif antara variabel reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa data tidak mengikuti distribusi normal multivariat sehingga berdasarkan asumsi kelainan data atau ketidaknormalan, model diperkirakan menggunakan metode GLS dengan memperbaiki kesalahan standar dan beberapa indeks goodness of fit. Dengan melihat uji Chi-Square, RMSEA, GFI, CMIN / DF dan TLI dapat menilai ukuran kecocokan model sehingga uji kecocokan menunjukkan model fit. Dalam penelitian ini modifikasi dilakukan 2 kali dan diperoleh Chi-Square 144.676 (p = 0,062), RMSEA = 0,021, GFI = 0,965, CMIN / DF = 1,206 dan TLI = 0,0933. Jadi model fit dan model yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk analisis masalah dalam penelitian. Jadi variabel laten reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara positif mempengaruhi kepuasan Mahasiswa. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah dengan asumsi kelainan data atau ketidaknormalan dapat dilakukan estimasi menggunakan metode GLS dengan memperbaiki kesalahan standar dan beberapa goodness of fit indines.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectreliabilityen_US
dc.subjectresponsivenessen_US
dc.subjectassuranceen_US
dc.subjectempathyen_US
dc.subjectstructural equation modeling (SEM)en_US
dc.subjectkepuasanen_US
dc.subjectkualitas pelayananen_US
dc.titlePenerapan Metode Structural Equation Modeling pada Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa FMIPA UII Tahun 2018en_US
dc.Identifier.NIM16611097


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record