Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat peggunaan e-banking. Faktor-faktor tersebut adalah ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), faktor sosial (social influence), dan kondisi pendukung (Facilitating conditions), dengan menggunakan pendekatan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dikembangkan oleh Venkatesh, et al. (2003). UTAUT merupakan salah satu model penerimaan teknologi informasi. Sejauh mana pengguna dapat menerima dan memahami teknologi adalah hal penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari implementasi teknologi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sebanyak 210 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara convenience sampling, dimana responden yang ditemui pada saat penelitian akan dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), faktor sosial (social influence), dan kondisi pendukung (Facilitating conditions) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-banking.
Collections
- Akuntansi [4426]