Kesempatan Pembelajaran Organisasi dan Kualitas Pengajaran Sebagai Mediator Hubungan antara Partisipasi Dosen dalam Pembuatan Keputusan dengan Hasil Belajar Mahasiswa (Pada Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial di Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara
formal discrahi tugas dan tanggung jawab menyiapkan mahasiswa sesuai dengan
tujuan pendidikan nasional. Program pendidikan yang akan dilaksanakan oleh
suatu Perguruan Tinggi memerlukan partisipasi aktif dari dosen yang diharapkan
berpengaruh positif terhadap kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini
bertujuan untuk menemukan bahwa partisipasi dosen mempunyai hubungan
langsung maupun tidak langsung dengan hasil belajar mahasiswa. Hubungan tidak
langsung tersebut diharapkan mampu dimediasi oleh variabel kesempatan
pembelajaran organisasi dan peningkatan kualitas pengajaran.
Responden pada penelitian ini adalah dosen Program Studi Ilmu-ilmu
Sosial di Perguruan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari hasil analisis
deskriptif data disimpulkan bahwa kualitas pengajaran dan kesempatan
pembelajaran organisasi yang diberikan oleh Perguruan Tinggi kepada responden
sudah baik. Namun untuk partispasi dosen dalam pembuatan keputusan di
lembaganya bekerja dan hasil belajar mahasiswa masih cukup rendah.
Untuk mcnguji hipotesis penelitian digunakan uji jalur (path analysis)
dengan bantuan program AMOS 6.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
partisipasi dosen program studi ilmu-ilmu sosial PTS di DIY dalam pembuatan
keputusan mampu meningkatkan kesempatan pembelajaran organisasi secara
langsung dan peningkatan kualitas pengajaran dosen secara tidak langsung, serta
kesempatan pembelajaran organisasi yang berpengaruh dominan terhadap
penginkatan kualitas pengajaran.
Collections
- Akuntansi [4660]