Kesempatan Pembelajaran Organisasi dan Kualitas Pengajaran Sebagai Mediator Hubungan antara Partisipasi Dosen dalam Pembuatan Keputusan dengan Hasil Belajar Mahasiswa (Pada Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial di Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta)
dc.contributor.advisor | Marfuah | |
dc.contributor.author | Apik Danureja | |
dc.date.accessioned | 2021-01-06T03:53:45Z | |
dc.date.available | 2021-01-06T03:53:45Z | |
dc.date.issued | 2007 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/123456789/26304 | |
dc.description.abstract | Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara formal discrahi tugas dan tanggung jawab menyiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Program pendidikan yang akan dilaksanakan oleh suatu Perguruan Tinggi memerlukan partisipasi aktif dari dosen yang diharapkan berpengaruh positif terhadap kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa partisipasi dosen mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan hasil belajar mahasiswa. Hubungan tidak langsung tersebut diharapkan mampu dimediasi oleh variabel kesempatan pembelajaran organisasi dan peningkatan kualitas pengajaran. Responden pada penelitian ini adalah dosen Program Studi Ilmu-ilmu Sosial di Perguruan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari hasil analisis deskriptif data disimpulkan bahwa kualitas pengajaran dan kesempatan pembelajaran organisasi yang diberikan oleh Perguruan Tinggi kepada responden sudah baik. Namun untuk partispasi dosen dalam pembuatan keputusan di lembaganya bekerja dan hasil belajar mahasiswa masih cukup rendah. Untuk mcnguji hipotesis penelitian digunakan uji jalur (path analysis) dengan bantuan program AMOS 6.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa partisipasi dosen program studi ilmu-ilmu sosial PTS di DIY dalam pembuatan keputusan mampu meningkatkan kesempatan pembelajaran organisasi secara langsung dan peningkatan kualitas pengajaran dosen secara tidak langsung, serta kesempatan pembelajaran organisasi yang berpengaruh dominan terhadap penginkatan kualitas pengajaran. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Analisis deskriptif | en_US |
dc.subject | AMOS | en_US |
dc.subject | path analysis | en_US |
dc.title | Kesempatan Pembelajaran Organisasi dan Kualitas Pengajaran Sebagai Mediator Hubungan antara Partisipasi Dosen dalam Pembuatan Keputusan dengan Hasil Belajar Mahasiswa (Pada Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial di Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 03312314 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Akuntansi [4660]