HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN MOTIVASI MEMBACA PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dan motivasi membaca pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Hipotesis dalam penelitian ini semakin tinggi dukungan sosial yang diterima maka semakin tinggi motivasi membaca siswa SMA. Responden penelitian ini berjumlah 117 (78 perempuan dan 39 laki-laki) orang siswa di SMAN 1 Yogyakarta dan SMAN 2 Sleman. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Motivasi Membaca yang diadaptasi dari Motivation for Reading Questionnaire (MRQ) dan Skala Dukungan Sosial yang diadaptasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman’s Rho menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Hasil analisa menunjukkan nilai korelasi r = 0,195 dan tingkat signifikasi p = 0,018 (p < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2177]