ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Abstract
Strategi adalah mengenai penetapan tujuan (tujuan strategi) dan mengalokasikan/ menyesuaikan sumber daya dengan peluang (strategi berbasis sumber daya).Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.Warisan budaya yang sangat terkenal hingga kini yaitu batik.Batik menjadi salah satu ciri khas Indonesia yang mendunia.Maka banyak sekali yang mengenakan batik dalam berbagai kesempatan acara, batik digunakan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa yang bertujuan untuk memperkenalkan batik adalah asli dari Indonesia.Salah satu wisata yang berbelanja batik yang cukup banyak kita temui terdapat di pasar Beringharjo.Adanya pedagang batik yang cukup banyak membuat para pedagang harus memilki strategi pemasaran yang baik agar tetap bisa mempertahankan usahanya.Penyusunan pada penelitian inibertujuan untuk mendiskripsikan: (1) analisis strategi pemasaran menggunakan teori marketing mix(2) analisis strategi pemasaran dalam prespektif ekonomi Islam.Penyusun menggunakan metode penyusunan deskriptif kualitatif.Subyek penyusunan adalah pedagang batik Pasar Beringharjo.Data penyusunan ini dikumpulkan melalui metode wawancara dan dokumentasi.Instrumen penyusunan ini adalah sebagai pedoman wawancara, lembar pencatatan dan alat untuk mendokumentasikan.Hasil penyusunan ini menerangkan bahwa(1) strategi pemasaran para pedagang batik pasar Beringharjo meliputi produk, harga, tempat, dan promosi (2)secara umum strategipemasaran dalam prespektif ekonomi Islam sudah sesuai dengan nilai-nilai Islam, terlihat pada produk yang berkualitas, keuntungan yang tidak terlalu besar, lokasi yang cukup stategis dan promosi yang menerapkan kejujuran.
Collections
- Islamic Economics [823]