UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) BAITURRAHMAN DUSUN KLIDON DESA SUKOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran di Taman
Pendidikan Al-Qur‟an (TPA) Baiturrahman saat ini masih kurang upaya
peningkatan pembelajaran Al-Qur‟an baik itu datang dari anak-anak itu sendiri
maupun dari pengajar. Masih kurangnya kualitas bacaan Al-Qur‟an anak-anak.
Sehingga jauh dari harapan orang tua dan anak-anak untuk mencapai kualitas bacaan
yang diharapkan. Dalam masalah teknis, misalnya belajar membaca Iqro guru kurang
perhatian dalam memperbaiki bacaan yang benar dalam hal ini dalam masalah tajwid.
Anak-anak dibiarkan melanjutkan kejilid berikutnya sedangkan mereka belum
lancar.
Jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Taman Pendidikan Al-Qur‟an
TPA Baiturrahman, Dusun Klidon, Desa Sukuharjo, Kecamatan, Ngaglik, Kabupaten.
Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian pengajar TPA Baiturrahman beserta anakanak
TPA. Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian upaya peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur‟an dengan
berbagai pendekatan. Dan dengan meteode belajar yaitu dengan mengelompokan
anak-anak dalam beberapa kelompok untuk mengindentifikasi tingkat kemampuan
anak. Juga dilakukan penanganan khusus untuk menjaga prestasi anak-anak dengan
membuatkan buku prestasi siswa. Dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an para guru
berupaya selalu memberikan motivasi serta mengajak anak-anak rekreasi ketika
mereka jenuh belajar dilokasi TPA. Guru juga berusaha menciptakan suasana yang
menyenangkan dalam proses pempelajaran melalui metode BCM (Belajar Cerita
Memyanyi). Metode- metode belajar al- Qur‟an tersebut ialah metode simak baca,
metode Iqro‟, metode klasikal, metode talaqqi. Diantaranya faktor penghambat yaitu
belum terlaksananya metode yang ada dengan optimal, anak-anak masih sibuk
bermain sama temannya disaat waktu pembelajaran berlangsung sehingga
mengakibatkan kurang kondusif dalam pembelajaran, terbatasnya penagajar, kurang
disiplin pengajarnya karena masih banyak kesibukan mengurus perkerjaan yang lainlain.
Collections
- Islamic Education [862]