• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) BAITURRAHMAN DUSUN KLIDON DESA SUKOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI YOGYAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    EDRI 14422031.pdf (2.566Mb)
    Date
    2018-08-14
    Author
    EDRI, 14422031
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPA) Baiturrahman saat ini masih kurang upaya peningkatan pembelajaran Al-Qur‟an baik itu datang dari anak-anak itu sendiri maupun dari pengajar. Masih kurangnya kualitas bacaan Al-Qur‟an anak-anak. Sehingga jauh dari harapan orang tua dan anak-anak untuk mencapai kualitas bacaan yang diharapkan. Dalam masalah teknis, misalnya belajar membaca Iqro guru kurang perhatian dalam memperbaiki bacaan yang benar dalam hal ini dalam masalah tajwid. Anak-anak dibiarkan melanjutkan kejilid berikutnya sedangkan mereka belum lancar. Jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Taman Pendidikan Al-Qur‟an TPA Baiturrahman, Dusun Klidon, Desa Sukuharjo, Kecamatan, Ngaglik, Kabupaten. Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian pengajar TPA Baiturrahman beserta anakanak TPA. Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian upaya peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur‟an dengan berbagai pendekatan. Dan dengan meteode belajar yaitu dengan mengelompokan anak-anak dalam beberapa kelompok untuk mengindentifikasi tingkat kemampuan anak. Juga dilakukan penanganan khusus untuk menjaga prestasi anak-anak dengan membuatkan buku prestasi siswa. Dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an para guru berupaya selalu memberikan motivasi serta mengajak anak-anak rekreasi ketika mereka jenuh belajar dilokasi TPA. Guru juga berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pempelajaran melalui metode BCM (Belajar Cerita Memyanyi). Metode- metode belajar al- Qur‟an tersebut ialah metode simak baca, metode Iqro‟, metode klasikal, metode talaqqi. Diantaranya faktor penghambat yaitu belum terlaksananya metode yang ada dengan optimal, anak-anak masih sibuk bermain sama temannya disaat waktu pembelajaran berlangsung sehingga mengakibatkan kurang kondusif dalam pembelajaran, terbatasnya penagajar, kurang disiplin pengajarnya karena masih banyak kesibukan mengurus perkerjaan yang lainlain.
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9917
    Collections
    • Islamic Education [586]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV