Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd
dc.contributor.authorSuriansyah, 14422069
dc.date.accessioned2018-08-27T11:47:26Z
dc.date.available2018-08-27T11:47:26Z
dc.date.issued2018-08-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9912
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Sementara, data yang diperoleh ada beberapa santri yang memiliki kecerdasan emosional yang bagus. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Pengaruh menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Subjek yang dijadikan responden adalah 36 santri Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Teknik penelitian menggunakan teknik populasi karena santri kurang dari 100, oleh karena itu penulis menggunkan penelitian populasi Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 18 for windows. Temuan hasil penelitian adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yang ditunjukkan dengan harga R=0,443 yang berkategori sedang/cukup,(2) Besarnya pengaruh menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yaitu sebesar 19,7% yang dibuktikan (R2 = 0,197 dan p=0,000<0,05), dan sisanya merupakan variabel lain sebesar 80,3%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmenghafal AlQuranen_US
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.titlePENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL ALQURAN SANTRI YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DI YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record