PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM DI TPA AL-JAMI’ NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Pendidikan agama diberikan pada anak dimulai sejak dini, pada masa ini usia anak dapat menyimpan memori ingatannya dengan sangat baik. Berbagai metode diterapakan untuk meningkatkan hafalan salah satunya memalui metode Drill yaitu latihan secara berulang-ulang. Untuk mengetahui adakah peningkatan hafalan surat-surat pendek (juz “Amma) di TPA Al-Jami’ Ds Ngalanjaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sehingga memiliki beberapa siklus I II dan III bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami dan meningkatkan hafalan. Subjek penelitian ini adalah santri di TPA Al-Jami’. Objek penelitian ini berupa penerapan metode Drill dalam meningkatkan hafalan, juga pemahaman tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara mendalam. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan meningkatan hafalan dengan metode Drill dinilai sangat efektif dikarenakan dapat memberikan stimulus dan meningkatkan daya ingat siswa, adapaun indikator keberhasilan siswa dapat dilihat dari siklus I II dan III yang mengalami peningkatkan pada setiap aspeknya, dapat menghafal surat-surat pendek dengan teratur dan ridak tergesa-gesa, dapat mengucapkan harakat fatkhah, kasroh dan domah dengan benar, dapat mengucapkan fathah tanwin kasrah tanwin dommah tanwin dan tasydid dengan benar. Menghafal surat-surat pendek sesuai kaidah tajwid, menghafal surat-surat pendek sesuai makhraj.
Collections
- Islamic Education [862]