HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN PROKRASTINASI DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang terdiri dari 104 mahasiswa yang ada di Universitas Islam Indonesia. Skala dukungan sosial orang tua dalam penelitian ini dikembangkan berdasarkan aspek-aspek dari House (Smet, 1994), skala prokrastinasi dikembangkan berdasarkan aspek-aspek dari Ferrari dkk (2009). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Spearman yang terdapat dalam aplikasi IBM SPSS Statistik versi 22. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi = 0,188 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa walaupun semakin tinggi dukungan sosial orang tua yang diberikan tidak mempengaruhi tingkat prokrastinasi pada mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitan antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi pada mahasiswa sehingga hipotesis penelitian yang telah diajukan ditolak.
Collections
- Psychology [2177]