Motivasi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Jogja Scrummy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis secara deskriptif motivasi mana yang paling dominan bagi konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk Jogja Scrummy. Motivasi pada penelitian dibagi kepada 2 bagian, motivasi rasional dan emosional. Motivasi rasional adalah harga, kualitas, pelayanan, dan promosi. Sedangkan motivasi emosionalnya adalah cita rasa. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisoner kepada 100 responden. Dengan uji validitas, diketahui bahwa seluruh butir pertanyaan dinyatakan valid. Artinya bahwa seluruh butir pertanyaan pada instrumen penelitian dapat dinyatakan layak sebagai instrumen untuk mengukur data penelitian. Sedangkan dengan uji reliabilitas, seluruh variabel mempunyai nilai lebih besar dari 0,195 sehingga instrumen variabel reliabel atau andal. Analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan motivasi mana yang banyak menjadi pilihan bagi konsumen dalam keputusan pembelian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas menempati posisi pertama dengan nilai rata-rata 3,88. Disusul setelahnya adalah variabel pelayanan dengan rata-rata 3,87. Di posisi ketiga adalah variabel promosi dengan nilai rata-rata 3,81. Posisi akhir ditempati oleh variabel cita rasa sebagai motivasi konsumen dengan nilai rata-rata 3,65. Aspek harga dinilai masih terjangkau karena rata-rata harga pembelian konsumen adalah Rp 54.220 dan keputusan pembelian secara rata-rata ada di angka 4,31 produk (dibulatkan menjadi 4-5 produk).
Collections
- Economics [2138]