WHATSAPP COOPERATIVE LEARNING: METODE PEMBELAJARAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENULIS
Abstract
Secara empirik, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis (writing self-efficacy) pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Hipotesis pada penelitian ini yaitu ada pengaruh dari pemberian metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Self-Efficacy in Writing Inventory yang diadaptasi dari Erkan (2013) yang berbasis pada teori efikasi diri dari Bandura (1997). Alat ukur ini terdiri dari 20 aitem dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,912. Selain itu, efikasi diri dalam menulis juga diukur dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Pada penelitian ini, secara statistik hipotesis penelitian ditolak. Hasil analisis statistik menggunakan anava mixed design ditemukan bahwa tidak ada pengaruh dari diberikannya metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dari nilai F = 2,295; Sig(p) = 0,154 (p > 0,05).
Collections
- Psychology [2173]