Show simple item record

dc.contributor.advisorHazhira Qudsyi, S.Psi.
dc.contributor.authorNyda Afsari, 14320214
dc.date.accessioned2018-08-13T09:43:50Z
dc.date.available2018-08-13T09:43:50Z
dc.date.issued2018-07-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9685
dc.description.abstractSecara empirik, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis (writing self-efficacy) pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Hipotesis pada penelitian ini yaitu ada pengaruh dari pemberian metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Self-Efficacy in Writing Inventory yang diadaptasi dari Erkan (2013) yang berbasis pada teori efikasi diri dari Bandura (1997). Alat ukur ini terdiri dari 20 aitem dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,912. Selain itu, efikasi diri dalam menulis juga diukur dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Pada penelitian ini, secara statistik hipotesis penelitian ditolak. Hasil analisis statistik menggunakan anava mixed design ditemukan bahwa tidak ada pengaruh dari diberikannya metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dari nilai F = 2,295; Sig(p) = 0,154 (p > 0,05).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCooperative learningen_US
dc.subjectefikasi diri dalam menulisen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectpembelajaran campuranen_US
dc.subjectwhatsappen_US
dc.titleWHATSAPP COOPERATIVE LEARNING: METODE PEMBELAJARAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENULISen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record