PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK SD MENGGUNGAKAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERYD
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan sebagai komunikasi dan sebagai bahasa Internasional yang diguanakan untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Karena kemampuan bahasa Inggris di Indonesia sangat rendah, maka minat belajar bahasa Inggris harus dibentuk sejak dini. Anak Sekolah Dasar (SD) yang berusia 7-12 tahun, area pada otak yang mengatur kemampuan berbahasa terlihat mengalami perkembangan paling pesat. Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar akan berpengaruh pada kualitas pendidikan berikutnya.
Salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar yaitu melalui pendekatan yang baik dan bersifat interaktif. Salah satu pendekatan yang baik adalah pendekatan guided discovery. Pendekatan guided discovery adalah metode pembelajaran dengan penemuan yang dipandu oleh guru (Markaban, 2006). Dengan pendekatan guided discovery, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang disajikan, kemampuan problem solving siswa akan terasasah, dan materi yang dipelajari akan lebih lama membekas karena siswa dilibatkan dalam proses menemukannya (Orton, 2004). Kemampuan belajar dapat ditingkatkan dengan melakukan aktivitas yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata (Sorby, 2007). Beberapa aktivitas tersebut antara lain adalah bermain game.
Berdasarkan beberapa hal diatas, dibuatlah sebuah game edukasi yang menarik untuk mengajarkan bahasa Inggris dengan pendekatan guided discovery pada anak-anak kelas 2 SD dengan metode ADDIE. Game berbasis Android agar mudah diakses dimana dan kapan saja. Pembuatan game tersebut menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS6. Aplikasi Adobe Illustrator CC digunakan sebagai pendukung pembuatan gambar objek dan lata, sedangkan untuk pembuatan suara menggunakan Logic Pro X.
Game Edukasi bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Anak SD Menggunakan Pendekatan Guided Discovery ini telah berjalan lancer di lima perangkat Android yang diujikan. Berdasarkan hasil presentase yang didapatkan dari kuisioner yang diberikan kepada responden, game ini berada di kategori sangat baik karena berada diantara (80-100%) menurut perhitungan menggunakan Skala Likert.
Collections
- Informatics Engineering [2148]