Show simple item record

dc.contributor.advisorChandra Kusuma Dewa S.Kom., M.Cs
dc.contributor.authorBobby Faizal G, 12523215
dc.date.accessioned2018-08-01T09:15:28Z
dc.date.available2018-08-01T09:15:28Z
dc.date.issued2018-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9507
dc.description.abstractBahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan sebagai komunikasi dan sebagai bahasa Internasional yang diguanakan untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Karena kemampuan bahasa Inggris di Indonesia sangat rendah, maka minat belajar bahasa Inggris harus dibentuk sejak dini. Anak Sekolah Dasar (SD) yang berusia 7-12 tahun, area pada otak yang mengatur kemampuan berbahasa terlihat mengalami perkembangan paling pesat. Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar akan berpengaruh pada kualitas pendidikan berikutnya. Salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar yaitu melalui pendekatan yang baik dan bersifat interaktif. Salah satu pendekatan yang baik adalah pendekatan guided discovery. Pendekatan guided discovery adalah metode pembelajaran dengan penemuan yang dipandu oleh guru (Markaban, 2006). Dengan pendekatan guided discovery, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang disajikan, kemampuan problem solving siswa akan terasasah, dan materi yang dipelajari akan lebih lama membekas karena siswa dilibatkan dalam proses menemukannya (Orton, 2004). Kemampuan belajar dapat ditingkatkan dengan melakukan aktivitas yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata (Sorby, 2007). Beberapa aktivitas tersebut antara lain adalah bermain game. Berdasarkan beberapa hal diatas, dibuatlah sebuah game edukasi yang menarik untuk mengajarkan bahasa Inggris dengan pendekatan guided discovery pada anak-anak kelas 2 SD dengan metode ADDIE. Game berbasis Android agar mudah diakses dimana dan kapan saja. Pembuatan game tersebut menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS6. Aplikasi Adobe Illustrator CC digunakan sebagai pendukung pembuatan gambar objek dan lata, sedangkan untuk pembuatan suara menggunakan Logic Pro X. Game Edukasi bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Anak SD Menggunakan Pendekatan Guided Discovery ini telah berjalan lancer di lima perangkat Android yang diujikan. Berdasarkan hasil presentase yang didapatkan dari kuisioner yang diberikan kepada responden, game ini berada di kategori sangat baik karena berada diantara (80-100%) menurut perhitungan menggunakan Skala Likert.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBahasa Inggrisen_US
dc.subjectedukasien_US
dc.subjectgameen_US
dc.subjectguided discoveryen_US
dc.subjectkuisioner.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK SD MENGGUNGAKAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERYDen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record