Show simple item record

dc.contributor.authorYOGA TRI RIZALDI, 15912055
dc.date.accessioned2018-07-20T13:40:44Z
dc.date.available2018-07-20T13:40:44Z
dc.date.issued2017-10-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9008
dc.description.abstractTujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penunjukan langsung dalam pengadaan jasa e-POS di Bandara Soekarno Hatta dapat mengesampingkan prinsip-prinsip persaingan usaha. Selain itu, tujuan penulisan ini untuk mengetahui apakah alasan sinergi BUMN dalam penunjukan langsung tersebut dapat dibenarkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian normatif yaitu dengan meneliti bahan pustaka yang berkaitan dengan penunjukan langsung dalam pengadaan barang dan jasa BUMN. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang dan regulasi yang memiliki sangkut paut terhadap tata cara pengadaan barang dan jasa BUMN melalui penunjukan langsung, serta menggunakan pendekatan kasus yang berkaitan dengan implementasi penunjukan langsung dalam pengadaan jasa BUMN yaitu kasus penunjukan langsung dalam pengadaan jasa Electronic Point of Sales (e-POS) di Bandar Udara Soekarno Hatta yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura II terhadap PT. Telkom Indonesia Tbk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggali kerangka normatif menggunakan bahan hukum yang membahas tentang teori-teori hukum yang relevan untuk mengkaji penunjukan langsung dalam pengadaan jasa e-POS di Bandar Udara Soekarno Hatta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penunjukan langsung secara serta merta tidak dapat mengesampingkan prinsip-prinsip persaingan usaha, karena Pasal 9 ayat 2 Permen BUMN No. PER-15/MBU/2012 mengatur tentang keharusan penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam penunjukan langsung yang dilakukan oleh setiap BUMN. Alasan sinergi BUMN dalam kasus penunjukan langsung ini juga tidak tepat karena penunjukan langsung itu sendiri telah menyebabkan hambatan masuk (barrier to entry) serta menyebabkan kerugian kepada tenant/mitra usaha selaku konsumen karena akses ke pasar atau tidak memiliki pilihan atau kesempatan layanan produk jasa telekomunikasi yang lebih kompetitif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenunjukan langsungen_US
dc.subjectPengadaan barang dan jasa BUMNen_US
dc.subjectSinergi BUMNen_US
dc.subjectPermen BUMN No. PER-15/MBU/2012en_US
dc.titleIMPLIKASI PENUNJUKAN LANGSUNG TERHADAP PERSAINGAN USAHA DALAM PENGADAAN JASA E-POS (ELECTRONIC POINT OF SALES) DI BANDAR UDARA SOEKARNO HATTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record