PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, LOKASI, HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI WARUNG AYAM GEPREK “PREKSU” TAHUN 2018
Abstract
Warung ayam geprek bu Rum sebagai penggagas pertama kuliner ayam
geprek, saat ini sudah memiliki banyak pesaing di D.I. Yogyakarta. Berdiri tahun
2003, saat ini sudah memiliki 7 cabang di Yogyakarta dengan penjualan porsi
perharinya mencapai 500 porsi. Salah satu pesaingnya ialah warung ayam geprek
Preksu. Berdiri pada tahun 2014 silam, saat ini sudah memiliki 5 cabang di
Yogyakarta dengan penjualan porsi perharinya dapat mengimbangi bu Rum yaitu
antara 400-500 porsi. Hal menarik di Preksu ialah penerapan nilai-nilai keislaman
pada strategi pemasaran bisnisnya. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah strategi pemasaran (produk, lokasi, harga, promosi, dan
pelayanan) yang telah diterapkan nilai-nilai keislaman di dalamnya turut
memperngaruhi keputusan pembelian konsumen di Preksu.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah konsumen
warung ayam geprek Preksu. Sampel ditentukan degan sampel acak sederhana
(Simple Random Sampling), dengan responden sebanyak 200 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). Teknik analisis yang
digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan
menggunakan program SPSS for windows 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan produk, lokasi,
harga, promosi dan pelaynaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan F tabel (70,219 > 2,21). Secara parsial produk (2,057 > 1,972),
promosi (5,434 > 1,972) dan pelayanan (5,550 > 1,972) berpengaruh siginifikan
terhadap keputusan pembelian. Sedangkan lokasi (1,267 < 1,972) dan harga
(0,095 < 1,972) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen perspektif etika bisnis Islam.