I Efektivitas Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Bystander Dalam Peristiwa Bullying Di Smp “X” Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intervensi pelatihan empati dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial pada bystander assistant bullying di SMP “X” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan siswi usia 13-15 tahun kelas VIII di SMP “X” Yogyakarta. Selanjutnya partisipan diklasifikasikan dalam dua kelompok, 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala bystander assistant bullying untuk menentukan apakah partisipan merupakan pendukung pelaku bullying atau tidak. Skala ini disusun dan dimodifikasi dari Bullying Participant Behaviors Questionnaire (BPBQ) yang diadaptasi oleh Demaray (2014). Selanjutnya alat ukur untuk mengetahui keterampilan sosial partisipan menggunakan Social Skills Rating System (SSRS) Student Form dari Gresham dan Elliot yang dikembangkan oleh Eslami (2014). Uji hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa intervensi pelatihan empati dapat menigkatkan kemampuan keterampilan sosial (Z = -4.283, p = 0,000, dimana p < 0,05) pada bystander assistant bullying di SMP “X” Yogyakarta.
Collections
- Master of Psychology [341]