Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Sumedi P. Nugraha, Ph.D., Psikolog
dc.contributor.authorMUHAMMAD ALI HUSNI
dc.date.accessioned2018-07-10T12:05:42Z
dc.date.available2018-07-10T12:05:42Z
dc.date.issued2018-05-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8471
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intervensi pelatihan empati dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial pada bystander assistant bullying di SMP “X” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan siswi usia 13-15 tahun kelas VIII di SMP “X” Yogyakarta. Selanjutnya partisipan diklasifikasikan dalam dua kelompok, 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala bystander assistant bullying untuk menentukan apakah partisipan merupakan pendukung pelaku bullying atau tidak. Skala ini disusun dan dimodifikasi dari Bullying Participant Behaviors Questionnaire (BPBQ) yang diadaptasi oleh Demaray (2014). Selanjutnya alat ukur untuk mengetahui keterampilan sosial partisipan menggunakan Social Skills Rating System (SSRS) Student Form dari Gresham dan Elliot yang dikembangkan oleh Eslami (2014). Uji hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa intervensi pelatihan empati dapat menigkatkan kemampuan keterampilan sosial (Z = -4.283, p = 0,000, dimana p < 0,05) pada bystander assistant bullying di SMP “X” Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKeterampilan Sosialen_US
dc.subjectBystander Assistant Bullyingen_US
dc.subjectPelatihan Empatien_US
dc.titleI Efektivitas Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Bystander Dalam Peristiwa Bullying Di Smp “X” Yogyakartaen_US
dc.typeMaster Thesisen_US
dc.Identifier.NIM14915029


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record