PENGARUH AKTIF BERORGANISASI KAMPUS DAN KEHIDUPAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FIAI UII
Abstract
Mahasiswa adalah salah satu elemen penting yang diharapakan dapat melakukan perubahan dan memberikan kontribusi nyata terhadap bangsa dan negaranya, mahasiswa dan organisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan karna organisasi penting untuk mengenal dunia kampus yang lebih luas. Ada 3 peran penting mahasiswa dalam masyarakat yaitu sebagai Agent of Change, Social Control dan Iron Stock, Selain kegiatan organisasi, kemampuan atau kompetensi pada jenjang pendidikan dapat diukur dengan keberhasilan prestasi belajar mahasiswa ditunjukkan dengan IP yang umumnya diperoleh melalui proses selama kuliah, selama periode tertentu dan diukur dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data
Dalam penelitian ini adalah meotde observasi, dokumentasi, dan angket. Angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini, dalam menetukan jumlah sampel digunakan teknik Stratifield Sampling dan Cluster Proportional Random Sampling, dengan jumlah subjek penelitian sebesar 110 dan sampel sebesar 52. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda yang diolah dengan mengunakan bantuan komputer program SPSS versi25.0 for windows.
Pengaruh Mahasiswa Aktif Berorganisasi dan Kehidupan Sosial Terhadap Prestasi Belajar dapat diketahui bahwa koefisisen determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,362. Hal ini berarti 36,2% Prestasi Belajar dapat dipengaruhi oleh Aktif Berorganisasi dan Kehidupan Sosial, 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian
Collections
- Islamic Education [861]