PENGARUH METODE HAFALAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 SLEMAN
Abstract
Metode hafalan merupakan cara yang tepat dan cepat untuk melafalkan atau mengucapkan sesuatu yang telah dihafalkan dengan lancar diluar kepala. Dengan demikian metode hafalan sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadis terlebih dalam menghafalkan ayat-ayat yang terdapat di dalamnya. Dalam proses belajar minat memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui perkembangan dari hasil belajar siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hafalan dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 4 sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII di MAN 4 Sleman yang berjumlah 115 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 115 siswa, ada pengaruh yang signifikan antara metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 4 Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga R=0,476 yang berkategori sedang atau cukup (p=0,000<0,05), berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 4 Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga R=0,534 yang berkategori sedang atau cukup (p=0,002<0,05). berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa,”Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode hafalan dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 4 Sleman
Collections
- Islamic Education [862]