Show simple item record

dc.contributor.advisorHoly Rafika Dhona, S.Ikom., M.A.,
dc.contributor.authorHERMA BAGUS LISNAWAN, 12321169
dc.date.accessioned2018-07-06T15:00:25Z
dc.date.available2018-07-06T15:00:25Z
dc.date.issued2018-05-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8286
dc.description.abstractHerma Bagus Lisnawan. 12321169.Pemanfaatan Soundcloud Sebagai Media Promosi Oleh Disc Jockey (Suatu Studi Deskriptif tentang Fenomena Soundcloud Dikalangan Musisi Disc Jockey Yogyakarta). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2018. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui cara disc jockey menyusun segmentasi dalam media promosi soundcloud; 2) Untuk mengetahui cara disc jockey menyusun teknik promosi dalam media promosi soundcloud; 3) Untuk mengetahui cara disc jockey mendapatkan nilai tambah dalam media promosi souncloud dan 4) Untuk mengetahui cara disc jockey menyusun pembiayaan dalam media promosi souncloud. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber penelitian ini adalah Disck Jockey di Yogyakarta berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) DJ yang melakukan promosi melalui media soundcloud mempunyai segmentasi berbeda-beda. Segmentasi tersebut ditujukan sesuai dengan tujuan dari masing-masing DJ. Segmentasi dari promosi melalui media soundcloud tersebut diantaranya adalah pihak EO, produser, label musik dan kalangan anak muda; 2) DJ dalam melakukan teknik promosi menggunakan media soundcloud maka tidak dibutuhkan adanya tim karena media tersebut merupakan media sosial milik pribadi sehingga dapat dikelola oleh pribadi masing-masing. Disc Jockey hanya membutuhkan handphone untuk melakukan follow up dan laptop atau komputer untuk upload musik; 3) Penggunaan media soundcloud mudah untuk di share menjadi poin utama mengapa DJ menggunakan media soundcloud. Pada kemudahan dalam penggunaan dan follow up serta minim biaya sehingga DJ tertarik untuk menggunakan media soundcloud tersebut; 4) Promosi melalui media soundcloud dipilih oleh para DJ untuk mempromosikan karya musiknya karena dari segi biaya adalah murah bahkan tidak berbayar. Hanya mengeluarkan biaya untuk biaya kuota sehingga dapat teehubung dengan internet. Mulai dari proses upload musik sampai dengan melakukan share dan follow up tidak ada biaya yang dikenakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Sosial,en_US
dc.subjectSoundclouden_US
dc.subjectPromosien_US
dc.subjectDisc Jockeyen_US
dc.titlePEMANFAATAN SOUNDCLOUD SEBAGAI MEDIA PROMOSI OLEH DISC JOCKEY (Suatu Studi Deskriptif tentang Fenomena Soundcloud Dikalangan Musisi Disc Jockey Yogyakarta)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record