Efektivitas Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intervensi Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dapat menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang minimal berada di semester III. Selanjutnya partisipan diklasifikasikan dalam dua kelompok, 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala stres akademik untuk menentukan tingkat stres akademik yang dimiliki oleh subjek penelitian. Alat ukur yang digunakan oleh peneliti mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Olejnik dan Holschuh (2007) yang terdiri dari 38 item yang disusun sendiri oleh peneliti. Uji hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa intervensi pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dapat menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa Kedokteran.
Collections
- Master of Psychology [344]